Minggu, 16 September 2012

“Out Bound Training” Metode Efektif Mencetak Pemimpin Masa Depan (Edisi Latihan Kepimpinan Dasar DISPORA Kota Surabaya di Kaliandra)




“manusia itu memiliki potensi yang luar biasa, tinggal bagaiamana masing masing individu menggali dan memanfaatkan potensi tersebut”

Sebuah kalimat yang mungkin sering kita dengar, dan bisa memberikan sedikit motivasi kepada kita untuk berkembang, mengawali cerita saya ketika saya berkesempatan mengikuti pelatihan dasar kepemimpinan yang diselenggarakan oleh DISPORA ( Dinas Pemuda dan Olah Raga) Kota Surabaya pada tanggal 14-16 September di Kaliandra, Pasuruan.
Teriknya matahari di jumat siang, membuat saya lebih bersemangat untuk berangkat mengikuti pelatihan leadership tersebut. Rombongan yang mengikuti pelatihan ini, akan diberangkatkan dari surabaya ke pasuruan pada pukul satu siang. Sengaja bolos pada kuliah jam ke-2 menjadi pilihan yang harus saya lakukan, karena untuk mengantisipasi agar tidak telat. Bersama dua orang teman saya, yaitu tirta dan rifky, kami memutuskan menggunakan taxi untuk mengantar ke tempat pemberangkatan di daerah dekat kantor pemerintah kota.
Saking semangatnya, Kami menjadi orang pertama yang sampai di tempat pemberangkatan, melihat dua bus biru, lebih membuat kami tidak sabar untuk segera berangkat ke Pasuruan. Kebetulan pada saat itu hari jumat, bertepatan juga dengan ibadah solat jumat, oleh karena itu kami memutuskan untuk melakuka solat jumat di masjid dekat tempat pemberangkatan.
Setelah solat jumat selesai, kami langsung kembali ke tempat pemberangkatan yang letaknya memang tidak jauh. Ketika jam sudah menunjukan pukul satu, saya masih tidak melihat batang hdung peserta lain, atau mungkin celetukan yang menyebut jam karet, benar adanya dan sanagat identik dengan cerminan bangsa kita ??. akhirnya setelah 30 menit, peserta lain mulai berdatangan, tidak seperti biasanya, saya menjumpai berbagai macam karakter dan tipe orang. Perlu diketahui memang yang mengikuti pelatihan dari berbagai macam organisasi, diantaranya seperti karang taruna, instansi pendidikan, ataupun organisasi kemahasiswaan.
Melihat berbagai macam perbedaaan, semakin menambah spirit saya untuk lebih semangat mengikuti pelatihan ini, selain itu pasti pengalaman yang akan saya dapatkan jauh berbeda, tidak seperti beberapa pelatihan yang sudah pernah saya ikuti. Pukul 2 siang, terlambat satu jam dari jadwal yang telah ditetapkan, kami lepas landas dari tempat pemberangkatan.
Suasana begitu menyenangkan, jarang sekali saya menemukan pemandangan yang luar biasa di daerah pasuruan. Kebetulan Kaliandra, tempat pelatihan kita letaknya berada di kaki pegunungan arjuna yang terkenal dengan sumber airnya. Akhirnya tepat pukul empat sore kami sampai di tempat tujuan, yaitu kaliandra sejati, suasananya kntal sekali dengan budaya jawa. Melihat samping kiri dan kanan banyak sekali tanaman yang dibudidayakan, berbagai patung raja-raja jaman dahulu, dan tempat penginapan yang sangat asri dengan arsitektur jawa kunonya.
Tidak lama setelah istirahat, kami langsung dibawa ketempat yang namanya pendopo mahameru, disitu akan diadakan Opening Ceremony pelatihan kepempinan dasar DISPORA KOTA SBY yang sudah dilaksanakan ke empat kalinya. Setelah itu kami langsung diperkenalkan dengan beberapa trainer yang akan menemani peserta selama 3 hari kedepan. Pada pelatihan kali ini ada materi yang diberikan didalam ruangan atau indoor dan ada juga materi yang diberikan di luar ruangan/outdoor atau yang lebih sering kita dengar dengan Out Bound Training. Namun yang menarik dari pelatihan kali ini, porsi dari kegiatan out door/Out Bound lebih banyak dari pada yang indoor.
Memang akhir-akhir ini pelatihan out bound sering digunakan oleh beberapa lembaga training untuk melatih kepemimpinan seseorang. Jika melihat sekilas, out bound training hanya seperti bermain-main saja, tanpa ada manfaatnya, namun yang terjadi malah sebaliknya out bound sangat efektif sekali mencetak seorang pemimpin. Peermainan yang termasuk dalam out bound sangat bervariasi dan jumlahnya tak terbatas, tergantung output apa yang diinginkan nantinya. Jika mencermati lebih dalam tentang pelatihan outound, sebenarnya ada beberapa manfaat utama bagi seseorang yang melakukan permainan itu.
Manfaat mengikuti out bond training antara lain, melatih seorang menjadi seorang pemimpin di kelompoknya, melatih seseorang untuk bisa bekerja secara tim atau team work. Melatih bertanggug jawab terhadap tugas yang sedang di emban, menjadikan setiap orang memiliki kemampuan problem solving dengan strategi yang pas, belajar menghargai setiap pendapat orang dalam suatu kelompok. Jika seseorang dapat mengambil hikmah dalam setiap out bond game maka yakin orang tersebut akan bisa menjadi pemimpin yang luar biasa.
Kegiatan itulah yang kami lakukan dihari kedua, mulai dari pagi sampai sore kami sangat menikmati permainan out bond tersebut. Tidak hanya itu, kami juga diberikan materi tentang potensi diri dan enterpreneurship sebagai langkah membangun masyarakat indonesia yang percaya diri dan berjiwa wirausaha. Kegiatan yang kami lakukan selama tiga hari erar sekali bersinggungan dengan alam dan budaya, karena kedua hal tersebutlah yang sebenarnya menjadi identitas bangsa indonesia dan untuk karena itu patut dilestarikan.
3 hari mengikuti pelatihan tersebut sejenak membawa saya bersyukur kepada tuhan, karena anugrahnya yang sangat luar biasa. Pelatihan Outbound yang tentunya juga akan membentuk karakter diri saya, untuk siap dipergunakan dalam kehidupan bermasyarakat. Dan akhirnya pelatihan outbound yang kami lakukan selesai dengan berharap ilmu yang kami dapatkan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

“setiap manusia diciptakan menjadi seorang pemimpin, yang minimal menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri”
                                                                                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar